Selamat hari Valentine Untuk kekasihku yang paling kucita (T.......I)

Minggu, 10 Februari 2008

Membersihkan peralatan rumah tangga

Membersihkan Peralatan Listrik Rumah Tangga

Setrika, panci, pemanggang roti listrik seringkali tampak kotor. Bukan tak punya niat membersihkan, tetapi seringkali ragu-ragu melakukannya. Pasalnya, peralatan itu dihubungkan dengan listrik. Dan, listrik membuat orang ekstra hati-hati.
Memang benar harus hati-hati merawat peralatan bertenaga listrik. Namun, kita tetap bisa merawat kebersihannya asal tahu caranya.

* Motor mixer, food processor, blender tak bisa dicuci. Namun, mereka bisa dibersihkan dengan cara 'menyibin' permukaannya. Yang utama, cabut fitting (colokan) peralatan yang akan dibersihkan, biarkan dingin lebih dahulu. Lap dengan kain lembab, kemudian keringkan dengan kain lunak. Bila permukaan peralatan itu terkena noda berminyak atau sisa makanan, gunakan kain yang terlebih dulu dicelup ke busa sabun, barulah kemudian dengan kain lembab. Jangan kenai apapun yang basah pada bagian-bagian yang mengandung kabel-kabel listrik. Jangan celup peralatan atau bagian dari peralatan itu ke dalam air, kecuali bagian yang pada petunjuk perawatan disebut 'bisa dicuci'.

* Bila peralatan yang akan Anda bersihkan adalah panci listrik, cuci bagian dalamnya. Semua dilakukan saat fitting telah dicabut dari aliran listrik. Meski begitu, berhati-hatilah agar bagian berkabel listrik tidak sampai basah. Bersihkan bagian bawah panci itu setiap selesai digunakan untuk mencegah karat. Anda bisa gunakan sabut besi bersabun pada noda yang membandel. Ikuti label khusus atau instruksi perawatan untuk bagian-bagian khusus peralatan Anda.

Berikut beberapa peralatan yang tak boleh dicuci:
* Pemanggang wafel. Begitu selesai memanggang wafel, sikat tempat pemanggang dengan sikat plastik yang lembut atau usap lembut dengan tisu saat masih hangat untuk menyingkirkan remah-remahnya. Jangan cuci tempat pemanggang atau mencurahkan air ke atasnya.

* Setrika. Selalu siapkan setrika dalam keadaan kering dan dingin sebelum dibersihkan. Bila di dasar setrika ada noda karena plastik atau karet yang lengket, panaskan setrika dengan panas yang rendah sekadar untuk melunakkan noda tersebut. Bersihkan noda dengan kayu. Bila noda masih tersisa, buatlah pasta dari soda kue dan air. Gosokkan dan setelah itu bersihkan dengan kain lembab. Aceton atau pembersih kuku bisa digunakan untuk membersihkan sisa jenis polyester tak tahan panas yang menempel di setrika.

* Pemanggang roti. Selalu cabut fitting dari saluran listrik sebelum membersihkan remah-remah roti yang menyangkut. Saat membersihkan, berhati-hatilah agar tidak merusak kawat-kawat halus yang berfungsi memanggang roti Anda. Jangan sampai peralatan ini basah, apalagi saat digunakan. Bisa-bisa Anda tersengat aliran listrik saat menyentuhnya.

Tidak ada komentar: